Senin, 19 Desember 2016

tugas manajemen industri, usaha depot air minum isi ulang




TUGAS
MANAJEMEN INDUSTRI
“USAHA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG”


th (1).jpg
O
L
E
H

Guswanto
1410115425003

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA “YPTK” PADANG

2016
  



BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Air sangat diperlukan oleh tubuh manusia seperti halnya udara dan makanan. Manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air. Selain berguna untuk manusia, air pun diperlukan oleh makhluk hidup lain misalnya hewan dan tumbuhan. Bagi manusia, air sebagian besar digunakan sebagai air minum baik yang dapat diminum langsung maupun yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum diminum.
Air  merupakan  kebutuhan  mutlak  bagi  kehidupan  manusia  dan makhluk hiduplainnya. Badan manusia terdiri dari sekitar 65% air. Kehilangan air cukup banyak dapat berakibat fatal atau bahkan mengakibatkan kematian. Setiap hari manusia memerlukan 2,5 - 3 liter air untuk minum dan makan.
 Air  bersih  adalah  air  yang  jernih  tidak berwarna,  dan  tidak  berbau. Meskipun  demikian,  air  jernih  yang  tidak berwarna, dan tidak berbau belum tentu aman dikonsumsi. Air  minum, tetap menjadi kebutuhan pokok setiap orang,  kapanpun, dimanapun.  Karena itu bisnis air minum tetap bergairah, tetap prospek, apalagi jika kualitas dan higienitas air tanah di kawasan tersebut tercemar dan rendah kualitasnya. Air merupakan kebutuhan pokok manusia dan mahluk hidup lainnya dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Air yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan dapat menyebabkan gangguan bagi yang menkonsumsinya. Tidak dapat disangkal bahwa komposisi tubuh manusia dewasa sekitar 60-70% terdiri dari air, sementara pada bayi hampir 80% tubuhnya terdiri dari air, dan pada janin bahkan lebih dari 90% tubuhnya terdiri dari air. Air dibutuhkan oleh semua bagian tubuh manusia untukdapat melakukan aktivitasnya. Guna air bagi tubuh antara lain sebagai : bahan pembentukan sel, bahan pembawa, pengatur suhu, pelarut, pereaksi, pelumas & sebagai bantalan/adsorber. Kebutuhan ini merupakan peluang bisnis air minum isi ulang yang dapat kita manfaatkan dengan membuka depot air minum isi ulang (DAMIU). Menjalankan usaha ini bisa meraup keuntungan yang besar, karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan jasa depot pengisian air isi ulang tersebut.


1.2              Batasan masalah
Mengingat luasnya cakupan masalah yang ada dalam pengeolaan usaha depot air ini tidak mungkin penulis meneliti semua masalah tersebut. Untuk itulah kami membuat batasan masalah agar pembahasan lebih mendalam dan sesuai dengan kemampuan, dana, dan  waktu yang ada pada kami. Oleh karena itu kami menitik beratkan penelitian hanya menyangkut pada:
1.      masalah manajemenen pengelolaan usaha depot air.
2.      Cara menarik dan mempertahanan pelanggan

1.3              Rumusan Masalah
Dari batasan masalah di atas maka penulisan laporan ini dapat dirumuskan  masalah antara lain sebagai beriku :
1.      Bagaimana cara mengelola usaha depot air mineral ini dengan benar?
2.      Bagaimana cara menarik minat pelanggan terhadap usaha depot air mineral ini?
3.      Bagaimana cara mempromosikan uasaha depot air mineral ini?
4.      Bagaimana cara agar pelanggan aman dan nyaman terhadap usaha depot air mineral ini?

1.4              Maksud dan Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah disebutkan di atas, maka penelitian dan penulisan laporan ini bertujuan antara lain sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui manajemen pengelolaan uasaha depot air ini
2.      Untuk mengetahui tanggapan dari masyarakat yang setiap harinya mengkonsumsi air mineral..
3.       Untuk mempermudah bagi mereka-mereka yang berminat untuk mendirikan usaha rumah tangga yang menspesialisasikan depot air mineral.
  1. Agar wirausaha memiliki daya pikir dan keterampilan teknis manajerial yang diperlukan dalam pengelolaan suatu usaha kecil.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1              Gambaran Umum Usaha Depot Air 2 Saudara Water


Air adalah sebagai kebutuhan dasar manusia yang menjadi alasan mendasar untuk pengembangan bisnis depot air mineral. Usaha ini menjadi alternatif yang menjanjikan dan merupakan bisnis yang tidak pernah mati bahkan ada yang sukses dan dapat meraih rezeki yang cukup besar apabila dikelola dengan baik dan selalu mengikuti selera dan daya beli masyarakat.
Usaha Depot Air Mineral 2 saudara water ini dimiliki oleh :
            Nama pemilik: Rini
            No.Telp : 082284149943
Yang kemudian Usaha ini diberi nama “2 SAUDARA WATER”. Usaha depot air mineral ini berdiri pada 11 Agustus 2016 sampai dengan saat ini. Modal awal untuk medirikan usaha depot air mineral ini untuk bangunan 5 x 4 sekitar Rp 70 Juta, dan biaya untuk peralatan depot 1 set adalah Rp 30 juta jika ditotalkan seluruh biaya pendirian depot air minum “2SAUDARA WATER” menghabiskan dana senilai Rp 100.000.000,00.

2.2              Manajemen pengelolaan
Perusahaan ini merupakan usaha keluarga yang dijalan kan oleh Rini yang merupakan pemilik sekaligus menjalan atau mengendalikan semua proses penjualan hingga keuangan, termasuk melayani pelanggan, kerena mereka belum memppunyaii karyawan.

2.3              Perhitungan Untung Rugi Perbulan

Jenis pengeluaran kita hitung dengan asumsi pendapatan perhari paling sepi yaitu mendapatkan kurang lebih 40 galon/hari, karena usaha depot air ini baru dibuka dan baru berjalan dua bulan. Usaha depot Air minum isi ulang 2 bersaudara water ini merupakan usaha baru. data tersebut diambil langsung dari pengusaha Depot Air Minum isi Ulang 2 Saudara Waterjadi mereka hanya baru mendapatkan penjualan  pendapatan kuang lebih, 40galon/hari:
a.     Pengeluaran
Untuk bahan bakunya sendiri yakninya air bersih, dalam satu hari penjualan yaitu 40 galon/hari dikalikan dengan 19liter/gallon (40x19 = 436 liter/hari). Berarti pebulannya menghabiskan air bersih kurang lebih 13.080 liter/bulan. Dan biaya pembelian per 3.000liter adalah Rp 150.000. jadi biaya pengeluaran untuk air bersih perbulannya adalah [(13.080 : 3000) x 150.000]
1.     Air                                                                                    Rp.   654.000
2.     Listrik                                                                               Rp.   100.000
3.      Tutup (40 tutup x 30 hari = 1.200 buah x Rp. 95/pcs)            Rp.   114.000
4.      Tissue (40 tissue x 30 hari = 1.200 buah x Rp. 55/pcs)           Rp.     66.000 +
5.     Total                                                                                 Rp    934.000

b.      Pendapatan
                          Rp 4.000 x 40 galon = Rp 160.000 x 30 hari                          Rp 4.800.000
kita asumsikan setiap bulannya memberikan air minum grati kepada pelanggan yang sudah mengumpulkan kupan sebanyak 5kupon adalah 15pelanggan, dengan nilai kalkulasinya adalah 4000x15= Rp 60.000. jadi nilai pendapatannya Rp 4.800.000 - Rp 60.000 = Rp 4.740.000

c.       Laba
Jadi, laba per bulan adalah (Rp 4.740.000 – Rp 934.000)             Rp 3.806.000
Jika keuntungan tiap bulannya stabil, maka biaya modal untuk pendirian depot termasuk biaya bangunan tersebut akan kembali setelah 26 bulan beroperasi, 2 tahun 2 bulan operasi.



2.4    Promosi
 Segi Kualitas
IMG_20160921_094834.jpg
Kriteria kualitas air minum isi ulang merupakan kriteria selanjutnya dari aspek operasional yang  dievaluasi.  Menurut  Peraturan  Menteri  Kesehatan  Republik Indonesia Nomor 416/ Menkes/Per/IX/1990, Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum setelah  dimasak. 
Kualitas  air  bersih  sangat  berpengaruh  terhadap kesehatan masyarakat yang menkonsumsinya, oleh karena itu DEPOT sebagai jasa pelayanan kepada masyarakat harus memberikan pelayanan kualitas air bersih yang baik dan aman dikonsumsi masyarakat.
Penilaian terhadap pemenuhan tolok ukur kualitas air bersih dapat dinilai dari syarat fisik air. Air yang berkualitas baik harus memenuhi persyaratan fisik jernih atau tidak keruh, tidak berwarna. Secara fisika, air bisa dirasakan oleh lidah. Air yang terasa asam, manis, pahit, atau asin menunjukkan bahwa kualitas air tersebut tidak baik, Air yang baik memiliki ciri tidak berbau bila dicium dari jauh maupun dari dekat.  

Adapun kriteria kulitas air usaha depot ini adalah:
1.      Memiliki kelayakan air bersih dan sehat dari dinas kesehatan
2.       Secara fisik air tidak berasa dan tidak berbau serta tidak berwarna
3.       Aman di konsumsi oleh masyarakat

Cara Pendistribusian
1.      Sasaran pasar adalah konsumen rumah tangga
2.      Strategi pemasaran utama meliputi :
a.       Produk
Mutu          : pH 7,9 dengan diversifikasi produk
Desain        : Konstan & un-attractivenes
Kemasan    : Galon air minum

b.        Harga
Harga Satuan                : Rp 4.000/galon
Syarat Pembayaran        : Cash & Carry
Diskon Penjualan           : Isi 5x gratis 1x
c.       Cara menarik pelanggan

IMG_20160921_094654.jpg
            Menggunakan spanduk yang besar didepan depot agar pelanggang mengetahui bahwa adanya depot air minum dikawasan tersebut.
Setiap bembelian  5 kupon      = 1 air galo
Setiap bembelian  24 kupon    =1/2 lusi gelas
Setiap bembelian  24 kupon    = 3 buah piring
Setiap bembelian  250 kupon  = 1 buah ponsel


d.      Pelayanan
Dalam melayani pelanggan, Buk Rini atau pemilik depot tetap mengedapankan prinsip “pembeli adalah raja” sehingga pembeli merasa nyaman atas layanan yang diberikan. Dan dalam proses kerja nya buk Rini juga selalu menjaga kualitas dan kebersihan agar tidak kehilangan pelanggan. Hal tersebut terbukti dari, tempat pencucian gallon tidak berada didepan layaknya kebanyakan depot air minum karena jika pencucian ditempatkan didepan maka lantai depan depot akan selalu basah dan akan menimbulkan kesan kurang bersih. Dan hal itu dapat membuat pelanggan berpindah ke yang alebih baik.







                       
BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Usaha Depot Air Minum Isi Ulang “2 SAUDARA WATER” cukup menguntungkan. Kebanyakan bisnis dimulai oleh orang-orang yang tidak memiliki pengalaman. Banyak orang berpendapat bahwa manajemen adalah “hal umum”, padahal bila para pengusaha tidak tahu bagaimana mengambil keputusan bisnis, kemungkinan besar dalam jangka panjang mereka akan gagal. Manajemen yang baik pada bisnis usaha kecil merupakan salah satu kunci sukses dalam pengembangan bisnis usaha kecil.
3.2  Saran
Dengan pesatnya perkembangan usaha Depot Air Minum Isi Ulang  yang menjamur, sehingga menimbulkan persaingan yang tajam antar pengusaha depot air lainnya. Untuk hal inilah Pemilik “2 SAUDARA WATER”  juga harus berpikir keras untuk memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan kualitasnya. Dalam peningkatan kualitasnya ini, Pemilik diharapkan dapat secara tepat dan efisien dalam mengelola biaya kualitas yang harus dikeluarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar